Segitiga Karpmana adalah model hubungan luas, tapi tidak sehat. Hal ini dijelaskan oleh Stephen Karpmanom, salah satu buku klasik analisis transaktnogo. Berpartisipasi dalam dapat segitiga dan dua dan tiga dan lima, tapi itu persis tiga peran. Kejam pengejar meneror Malang korban dan penyelamat menyelamatkannya. Berlangsung selama drama ini untuk tahun dan bahkan beberapa dekade, dan semua karena situasi saat ini agak puas semua pihak. Pengejar dengan senang hati air mata kemarahan pada orang lain, penyelamat relishes perannya sebagai Batman dan Superman di satu botol dan korban mendapat kesempatan untuk mengalihkan tanggung jawab untuk hidup mereka di bahu orang lain dan menggunakan kasihan dan simpati dari orang lain.
Jika setiap orang bahagia, maka pertanyaannya adalah, mengapa pergi dari segitiga Karpmana? Pertama, kemudian, bahwa dialog dalam sebuah segitiga adalah masalah yang tidak mungkin, dan tujuan hanya tidak dapat diselesaikan. Kedua, permainan ini memenuhi kebutuhan peserta hanya jangka pendek, tapi pada akhirnya, Semua tetap pada kerugian. Mari kita lihat sebuah contoh:
o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o Ibu mertua menantu mereproduksi kecil itu pada yang terakhir mengeluh kepada suaminya. Suami diadopsi untuk memastikan hubungan dengan ibunya, dan sekarang dia Isak tangis di dapur. Istri tiba-tiba sisi ibu mertua dan menyalahkan suaminya kebaikannya dan hormat terhadap ibunya. Disengat oleh suami perasaan yang terdegradasi dan serangan balik yang terbaik. Gairah Jalankan tinggi, Brighton, dan meletakkan keluar longsor saling menghina sudah ternyata menjadi mustahil.
Setiap peserta memiliki peran favorit sendiri, di mana itu adalah sebagian besar waktu. Tapi posisi di segitiga Karpmana dinamis. Tidak itu tidak bisa sebaliknya, karena peran korban itu sendiri yang cukup menguntungkan. Salah satu alasan bahwa korban setuju untuk menjadi korban adalah kemampuan untuk kadang-kadang menjadi penganiaya. Yang berarti "aktor lain" juga lulus semua tiga tahapan siklus.
Bagaimana berurusan dengan itu
Kita semua kadang-kadang menemukan diri kita terlibat dalam segitiga orang lain. Hal ini tidak menyenangkan tapi tidak berbahaya. Orang tidak cenderung untuk bermain peran, jangan terjebak di dalamnya untuk jangka panjang. Tetapi beberapa kelompok keluarga atau pekerjaan tidak pernah melampaui segitiga. Peserta tegas terperosok dalam saling manipulasi, tidak menyadari bagaimana menghancurkan kehidupan Anda sendiri. Dan ini benar-benar tragis.
Untuk keluar dari segitiga Karpmana, salah satu harus terlebih dahulu menyadari keberadaannya dan peran di dalamnya. Hal ini tidak mudah. Pengejar seringkali bahkan tidak tahu bahwa ia adalah mengejar (jika tidak itu tidak akan mereka). Peserta lain mampu mengerti perannya, tapi piously percaya bahwa itu bukanlah mereka memimpin segitiga, mereka hanya menyeret orang lain ke dalam permainan Anda. Tetapi bagaimanapun, jika Anda adalah waktu yang lama di segitiga berarti nasib tertarik di dalamnya, dan kadang-kadang melakukan semua tiga peran, tetapi karena mungkin rekomendasi yang tercantum di bawah ini akan berguna untuk Anda.
Jika setiap orang bahagia, maka pertanyaannya adalah, mengapa pergi dari segitiga Karpmana? Pertama, kemudian, bahwa dialog dalam sebuah segitiga adalah masalah yang tidak mungkin, dan tujuan hanya tidak dapat diselesaikan. Kedua, permainan ini memenuhi kebutuhan peserta hanya jangka pendek, tapi pada akhirnya, Semua tetap pada kerugian. Mari kita lihat sebuah contoh:
o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o o Ibu mertua menantu mereproduksi kecil itu pada yang terakhir mengeluh kepada suaminya. Suami diadopsi untuk memastikan hubungan dengan ibunya, dan sekarang dia Isak tangis di dapur. Istri tiba-tiba sisi ibu mertua dan menyalahkan suaminya kebaikannya dan hormat terhadap ibunya. Disengat oleh suami perasaan yang terdegradasi dan serangan balik yang terbaik. Gairah Jalankan tinggi, Brighton, dan meletakkan keluar longsor saling menghina sudah ternyata menjadi mustahil.
Setiap peserta memiliki peran favorit sendiri, di mana itu adalah sebagian besar waktu. Tapi posisi di segitiga Karpmana dinamis. Tidak itu tidak bisa sebaliknya, karena peran korban itu sendiri yang cukup menguntungkan. Salah satu alasan bahwa korban setuju untuk menjadi korban adalah kemampuan untuk kadang-kadang menjadi penganiaya. Yang berarti "aktor lain" juga lulus semua tiga tahapan siklus.
Bagaimana berurusan dengan itu
Kita semua kadang-kadang menemukan diri kita terlibat dalam segitiga orang lain. Hal ini tidak menyenangkan tapi tidak berbahaya. Orang tidak cenderung untuk bermain peran, jangan terjebak di dalamnya untuk jangka panjang. Tetapi beberapa kelompok keluarga atau pekerjaan tidak pernah melampaui segitiga. Peserta tegas terperosok dalam saling manipulasi, tidak menyadari bagaimana menghancurkan kehidupan Anda sendiri. Dan ini benar-benar tragis.
Untuk keluar dari segitiga Karpmana, salah satu harus terlebih dahulu menyadari keberadaannya dan peran di dalamnya. Hal ini tidak mudah. Pengejar seringkali bahkan tidak tahu bahwa ia adalah mengejar (jika tidak itu tidak akan mereka). Peserta lain mampu mengerti perannya, tapi piously percaya bahwa itu bukanlah mereka memimpin segitiga, mereka hanya menyeret orang lain ke dalam permainan Anda. Tetapi bagaimanapun, jika Anda adalah waktu yang lama di segitiga berarti nasib tertarik di dalamnya, dan kadang-kadang melakukan semua tiga peran, tetapi karena mungkin rekomendasi yang tercantum di bawah ini akan berguna untuk Anda.
Komentar
Posting Komentar